Scania 560 XT dengan Meiller Trigenius Kipper


Scania 560 XT

Kendaraan tipper rakitan lengkap ex works: Kami menguji Scania 560 XT dengan kabin pengemudi G dan tipper Meiller Trigenius yang baru.


Seri kendaraan konstruksi XT dari Scania dicirikan, antara lain, oleh sasis yang kokoh dengan pegas daun dan stabilizer. Ground clearance ekstra memastikan mobilitas off-road yang baik. Lampu depan berjeruji dan rumah cermin yang diperkuat melindungi bagian sensitif di bawah kondisi kerja yang keras di lokasi konstruksi dan di lubang kerikil. Ujung depan kendaraan dibentuk oleh bumper baja besar yang menonjol. Ini juga memiliki kait penarik depan terintegrasi, tersembunyi dengan elegan di bawah pelat nomor dan disetujui untuk 40 ton.


Powertrain baru Scania Super

Baru-baru ini, merek Swedia tersebut telah sepenuhnya merevisi powertrain-nya dan memberinya nama "Scania Super". Kisaran mesin juga diperluas: mesin 6 silinder sekarang tersedia dengan tenaga hingga 560 hp. Mesin 13 liter ini juga dipasang di kendaraan uji kami. Tentu saja, itu lebih dari cukup untuk memindahkan kombinasi sasis 3-poros dan trailer tengah jungkit ganda-gandar yang diturunkan menjadi sekitar 40 ton total berat kereta: Drive train secara teknis bahkan dirancang untuk berat total kereta hingga 80 ton , yang juga berarti yang berat diangkut dengan mesin.


Transmisi Opticruise baru juga patut mendapat perhatian khusus: proses pemindahan gigi otomatis semakin dipercepat dan 4 gigi mundur tersedia sebagai standar. Bahkan tersedia 8 gigi mundur sebagai opsi, yang meningkatkan kecepatan mundur maksimum hingga 52 km/jam. Kamera mundur dapat dipesan agar Anda dapat melihat area di belakang kendaraan dengan baik. Kamera untuk memantau area pemuatan juga dipasang di kendaraan uji kami. Gambar dari kedua kamera ditampilkan di layar sistem infotainment di tengah dashboard.


Transmisi baru ini juga lebih ringan 75 kilogram dan lebih ringkas: membutuhkan ruang pemasangan sekitar 20 sentimeter lebih sedikit. Selain itu, kinerja retarder telah ditingkatkan lebih lanjut, sehingga torsi pengereman maksimum kini mencapai 4.700 Newton meter. Bersama dengan rem mesin "Compression Release Brake" (CRB), truk dapat diperlambat secara efektif tanpa keausan, bahkan saat bermuatan berat, dan rem servis dapat dilindungi.


Tubuh tipper pabrik

Bingkai Scania XT menawarkan fleksibilitas maksimum untuk binaragawan berkat kerangka utama yang berlubang di seluruh bagiannya. Hal ini memberikan banyak pilihan bagi spesialis konstruksi kendaraan untuk memasang badan mereka. Selain itu, peredam kejut diturunkan agar tidak menonjol di atas rangka kendaraan sehingga tidak menghalangi bodi.

 
Sebagai bagian dari konsep "Ready-Built", Scania juga menawarkan dump truck siap pakai. Dengan demikian, pelanggan menerima kendaraan lengkap termasuk bodi dalam satu transaksi faktur. Kendaraan uji 3 sumbu kami dilengkapi dengan tipper 3 arah Meiller Trignius yang baru. Meiller menggunakan baja Hardox berkekuatan tinggi (HBW450) dengan ketebalan material 4 milimeter untuk varian tipper ini guna memastikan stabilitas tinggi pada lantai yang lebih banyak digunakan. Untuk aplikasi tugas berat, ketebalan lembaran 5 milimeter juga tersedia sebagai opsi. Bergantung pada desain bodi tipper, seri Trigenius menghemat bobot sekitar lima persen dibandingkan seri sebelumnya. Meiller Bordmatik memiliki kinematika baru termasuk kontrol urutan hidrolik. Hal ini memungkinkan pembukaan yang rata sejak awal serta pembukaan dan penutupan dinding samping yang tenang. Jika dinding terbuka, sinyal peringatan visual ditampilkan kepada pengemudi di kabin pengemudi. Selain itu, strip LED yang berkedip mulai beraksi di bagian depan dan belakang dinding.

Mata cambuk tertanam di dinding samping dan di lantai sebagai standar. Jembatan jungkit sesuai dengan standar pengaman beban DIN EN 12642 Code XL. Mata pengikat dinding samping memiliki kekuatan penahan masing-masing dua ton dan cocok untuk memukul barang yang menonjol di dinding samping. Titik pengikat yang dapat dilipat di lantai, yang dapat diakses dari dalam dan luar, masing-masing memiliki daya tahan empat ton dan bahkan delapan ton di sudut. Mereka juga cocok untuk memasukkan kait rantai. Jumlah, susunan, dan distribusi titik ikat dioptimalkan untuk pengangkutan palet dan melebihi spesifikasi dari DIN EN 12640.

Sebuah rahang kopling dapat dipasang pada lubang pengikat sekat untuk pengangkutan trailer kecil yang aman di badan tipper. Seperti sebelumnya, terdapat berbagai anak tangga melalui sekat dan dinding samping menuju area pemuatan. Dengan paket tampilan ruang pemuatan Meiller, Anda juga dapat mengawasi area pemuatan dari kabin: sistem kamera terhubung langsung ke truk Scania dan gambar ditampilkan di tampilan tengah. Fungsi miring mudah digerakkan oleh remote control radio.

 

Kesimpulan 

Powertrain baru Scania telah membawa peningkatan lebih lanjut baik dalam propulsi maupun deselerasi kendaraan. Peningkatan tenaga maksimum mesin 13 liter menjadi 560 hp dan bobot kombinasi total 80 ton yang dimungkinkan secara teknis membuat penggunaan teknologi V8 menjadi usang untuk banyak aplikasi, meskipun masih dapat dibenarkan.

 
Kombinasi sasis pegas daun dan kabin bersuspensi udara 4 titik menyatukan ketangguhan dan kenyamanan: baik di jalan raya maupun di luar jalan raya, kendaraan uji kami hampir menyenangkan untuk dikendarai. Secara keseluruhan, konsep kendaraan keseluruhan yang koheren yang tersedia bekas karya termasuk bodi. Kami juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada perusahaan Rohrdorfer, yang menyediakan tempat mereka di Bad Fischau dan kargo yang sesuai untuk pengujian truk kami.

Lebih baru Lebih lama